Buku Praktis Teknik Nulis Modul

Standar

Buat yang ditugaskan atasannya membuat bahan pelatihan tapi belum biasa nulis modul, silakan unduh buku ini: 10 Jurus Menulis Modul Pelatihan (Ria)

***

Saya menulis buku kecil ini karena sering sekali diminta membantu menulis modul. Ketimbang mengulang-ulang ilmu yang cuma segitu-gitunya juga, saya tuliskan saja teknik penulisan modul dalam buku kecil ini. Nah, belum selesai ngomong, siapa yang bermaksud minta diajari menulis modul langsung saya beri kopi buku kecil ini. Beres kan….

Kenapa banyak orang menulis modul padahal tidak mempunyai latar belakangĀ  metodologi pelatihan yang biasanya ada di kalangan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Karena menjadi fasilitator pembelajaran itu latar belakang ilmunya beragam. Sementara menyiapkan bahan belajar merupakan kegiatannya sehari-hari selaku selaku fasilitator.

Seorang fasilitator masyarakat (community facilitator) misalnya, selain melakukan pendampingan juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan teknologi pertanian. Nah, untuk itulah CF ini perlu belajar membuat modul pelatihan karena latar belakang pendidikannya kan pertanian….

Saya sodorkan saja buku kecil ini untuk membantunya menulis modul yang lumayan sesuai kaidah modul. Meski tidak mudah juga sebenarnya ilmu membuat modul itu, wong ada yang jadi sarjana untuk menekuni ilmu metodologi PLS seperti ini. Menyusun kurikulum belajar saja ilmu yang harus dipelajari dalam beberapa semester.

Tidak apa-apalah, saya pun tidak berlatar belakang sarjana PLS, tapi belajar bertahun-tahun ilmu PLS ini di lembaga yang bernama Studio Driya Media. Dan ilmu terapan yang dibutuhkan oleh siapa pun yang bekerja untuk masyarakat, monggo dimanfaatkan saja.

Waaaah, ternyata buku ini laris manis…… banyak yang pakai.

Syukurlah. Berpahala banyak jadinya.

2 responses »

  1. Ini buku yang dahsyat…!!! Saya sangat terbantu dengan buku ini saat menulis modul… Sepertinya penulis tidak menyangka kalau buku ini akan memberikan dampak yang sangat besar pada dunia penulisan modul, sehingga buku ini seakan wajib dibaca oleh para aktivis penulis modul…he he he…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s