A – Games

Standar

Kumpulkan koleksi permainan Anda.

Susun berdasarkan kategori permainan. Atau berdasarkan urutan Abjad judulnya dan tandai kategori permainan apa. Cari dan kumpulkan dari sumber-sumber pelatihan di internet karena sangat jarang menemukan buku kumpulan permainan di Indonesia. Yang gratis maksudnya.

***

ADA APA DI PIRING

Waktu: 10-15 menit

Alat dan Bahan: Nampan/piring ceper, dan sejumlah material untuk isi piring/nampan (plastik, logam, batu, daun, ranting, sejumput tanah, kertas, dan benda-benda lainnya)

 Jumlah Peserta: 20 – 25 orang

 Proses

  • Mintalah setiap peserta untuk membentuk kelompok dengan rekan di samping kiri dan kanannya.
  • Kemudian mintalah mereka untuk memperhatikan isi nampan yang terletak di hadapan mereka dan memberikan komentar-komentar yang kemudian ditulis pada secarik kertas.
  • Hasil diskusi dan komentar setiap kelompok dipresentasikan secara singkat.
  • Catat setiap presentasi di atas papan tulis.
Pertanyaan refleksi:

  • Apa yang terjadi dalam permainan?
  • Benda apa yang diperhatikan setiap kelompok/orang?
  • Banyakkah persamaan benda yang diperhatikan setiap kelompok/orang? Jelaskan.
  • Benda-benda apa yang paling banyak diperhatikan setiap orang/kelompok? Mengapa benda tersebut paling banyak diperhatikan?
  • Sebaliknya benda apa yang paling tidak diperhatikan dan mengapa?
  • Apa hikmah permainan ini?

Catatan untuk Fasilitator: Proses ini bisa digunakan untuk menggugah gagasan (ide) peserta dalam mencari hal-hal yang perlu dinilai dalam sebuah proses evaluasi. Alasan dalam menentukan ruang lingkup penilaian, merupakan suatu proses kesepakatan bersama tentang hal-hal penting apa yang perlu dievaluasi (diperhatikan). Saat persiapan, fasilitator menyiapkan sejumlah benda yang ‘mengingatkan’ peserta kepada tema sumberdaya alam.

***

ANGKA-ANGKA (NUMBERS)

 Waktu: 15 – 20 menit

Alat dan Bahan: Pena, lembar tugas (5 lembar per peserta). Print dan fotokopi lembar tugasnya di sini: NUMBERS-Games

 Jumlah Peserta: Tidak dibatasi

 Proses

  • Bagikan fotokopi lembar tugas yang berisi 80 angka (dari 1 sampai 80) kepada setiap peserta dan minta mereka menyiapkan pensil/bolpoin.
  • Jelaskan bahwa tugas peserta adalah membuat garis dengan bolpoin/pensil yang menghubungkan secara berurutan angka 1 dengan 2, dengan 3, dengan 4, dst. sampai 80. Waktu yang disediakan adalah satu menit.
  • Setelah selesai, persilakan peserta untuk  menuliskan “percobaan 1” di bagian belakang lembar tersebut.
  • Kemudian bagikan kembali fotokopi lembar tugas tersebut dan meminta peserta melakukan hal yang sama dalam satu menit. Lakukan hal ini sampai sekitar 5 kali.
  • Tugaskan peserta untuk saling membandingkan hasil tugasnya dengan peserta lainnya. Siapa peserta yang selalu berhasil menghubungkan angka sampai angka yang lebih tinggi dari peserta lainnya.
Pertanyaan refleksi:

  • Apa yang terjadi dalam permainan?
  • Apakah angka yang terhubungkan selalu bertambah banyak, setiap pertambahan putaran? Mengapa?
  • Adakah yang babak berikutnya justru berkurang? Mengapa?
  • Apa hikmah permainan ini?

Catatan untuk Fasilitator: Permainan ini bersifat individual atau tidak mendorong interaksi dengan peserta lainnya. Membandingkan hasil dengan peserta lainnya sejak putaran pertama sampai keenam, akan memotivasi peserta untuk mencapai hasil terbaik. Permainan ini menunjukkan bahwa salah satu metode belajar adalah latihan atau mengulang-ulang suatu kegiatan sampai kita menjadi terampil dalam mengerjakan sesuatu. Dalam program kolaboratif pengelolaan sumberdaya alam, kita perlu mengembangkan saling belajar.  Dalam proses pembelajaran itu, kita perlu menyadari bahwa suatu kemampuan baru yang diambil alih pihak lain, tidak dapat terjadi serta merta karena memerlukan proses berulang-ulang.

***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s