Fasilitator Masyarakat menurut Jim Ife

Standar

Pada tulisan “Fasilitator Masyarakat; Runyamnya Sebuah Istilah”  diperkenalkan sejumlah istilah yang serupa tapi tak sama untuk pendamping masyarakat atau fasilitator masyarakat.

Buku “Community Development; Creating Community Alterbatives, Vision, Analysis and Practices” yang ditulis Jim Ife dan diterbitkan oleh Longman, Tahun 1995,  merumuskan 4 golongan dan 22 jenis tugas pendamping masyarakat.  Tugas pendamping masyarakat terdiri dari: Tugas fasilitasi proses, tugas pembelajaran, tugas penghubung, dan tugas teknis untuk mengelola tahapan program. Artinya, Pendamping Masyarakat merupakan istilah yang lebih luas daripada Fasilitator Masyarakat.

Berhubung istilah Fasilitator Masyarakat (Community Facilitator) lebih populer dan banyak diberlakukan di Indonesia saat ini, saya menggunakan konsep dan penjabaran peran/tugas pendamping masyarakat Jim Ife sebagai salah satu alternatif konsep dan peran/tugas Fasilitator Masyarakat. Artinya, seorang Fasilitator Masyarakat bukan hanya berperan untuk mengelola proses (program/kegiatan) saja, melainkan juga memperkuat kapasitas masyarakat dengan agenda pembelajaran, membangun jaringan dan kerjasama dengan berbagai lembaga, serta mengerjakan manajemen kegiatan lapangan. Pada kenyataannya seorang CF memang mengerjakan semua itu.

Karena itu, istilah Pendamping Masyarakat dan Fasilitator Masyarakat itu konsepsi dan prakteknya sama.

Saya membuat beberapa bahan serahan untuk materi pelatihan fasilitator masyarakat berikut ini:

(1) Konsep pendampingan masyarakat

(2) Berbagai sebutan fasilitator masyarakat

(3) Peran dan tugas fasilitator masyarakat

Tinggalkan komentar